Rabu, 12 Oktober 2011

MERAMALKAN GERHANA

Gerhana matahari ataupun gerhana bulan bergantung pada gerakan-gerakan matahari, bumi dan bulan yang teratur, peristiwa gerhana baik pada masa lalu maupun masa pada masa depan dapat dihintung dengan sangat cermat. Peramalan gerhana bermula dari zaman purbakala. Barangkali peramalan termasyur adalah peramalan Thales, yaitu seorang filsuf dari miletus. Ramalan Thales, didasarkan pada suatu penemuan menarik yang dibuat oleh para ahli astronomi bangsa Chaldea lama sebelum masanya. Mereka telah mencatat bahwa gerhana-gerhana matahari dan bulan terjadi dalam rangkaian dan bahwa suatu peride waktu tertentu berlalu antara salah satu gerhana dari suatu rangkaian dan gerhana berikutnya. Dengan menghitung waktu yang telah berlalu sejak gerhana matahari, terakhir dalam rangkaian jenis ini, Thales dapat meramalkan gerhana berikutnya.
Pada saat ini meramalkan gerhana dilakukan dengan bantuan computer, berdasarkan Saros. Saros yang berarti pengulangan, adalah siklus gerhana yang telah dikenal oleh pengmat langit Babilonia kuno yang berkaitan erat dengan tiga macam periode bulan, yaitu peiode sinodik, periode drakonik dan peride anomalistic. Peirde drakonik yaitu selang waktu 27,21 hari yang diperlukan bulan untuk kembali berada disimpul yang sama, sedangkan peridoe anomalistic yaitu selang waktu 27,55 yang diperlukan bulan untuk satu kali mengorbit bumi dan kembali berada di jarak yang sama. Satu siklus Saros berasal dari persesuaiba yang cukup dekat anatara 223 kali peride sinodik (223 x 29, 5306 hari = 6585, 3238 hari = 18 tahun 11 ⅓ hari) dengan 242 periode drakonik dan 239 periode anomalistic. Siklus ini bersesuaian pula dengan 19 tahun gerhana. Panjang satu tahun gerhana yaitu waktu yang diperlukan matahari kembali ke salah satu simpul yang sama (346,62 hari) lebih pendek 18,63 hari dibandingkan dengan durasi satu tahun sideris (365, 25 hari). Yang menggunakan acuan bintang-bintang jauh sebagai regresi garis simpul.
Seluruh gerhana, baik gerhana matahari atau bulandengan nomor Saros yang sama masing-masing terpisahkan sejauh 18 tahun 11 ⅓ hari. Dengan mengetahui tanggal kejadian suatu gerhana setelah satu siklus Saros akan terjadi lagi gerhana yang identik dengan gerhana sebelumnya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar