Rabu, 12 Oktober 2011

GERHANA

Kata ‘eclipse’ (gerhana) berhasal dari bahasa Yunani yaitu ekleipsis yang berarti peninggalan atau pelalaian. Gerhana merupakan kejadian astronomi yang berlaku apabila satu objek astronomi bergerak kedalam baying-bayang objek astronomi yang lain. Kemungkinan gerhana terjadi, yaitu pada bulan baru (new moon) dan bulan purnama (full moon). Pada bulan baru, bulan terletak diantara matahari dan bumi, sedangkan pada bulan purnama, bumi terletak diantara bulan dan matahari.
Kejadian gerhana disebabkan oleh bayangan bumi dan bulan yang besar sekali. Kedua benda langit itu gelap. Oleh karena itu, ketika kedua benda ini diterangi oleh matahari, masing-masing mempunyai bayangan yang menjulur kedalam ruang angkasa jauh dari matahari. Bayangan yang terbentuk oleh bumi atau bulan mempunyai beberapa bagian.
Terdapat suatu daerah bayangan sempurna yang dikenal sebagai umbra (dari bahasa latin ayang artinya bayangan). Karena bumi maupun bulan lebih kecil dari matahari, umbra masing-masing berbentuk kerucut. Umbra ini berkurang diameternya semakin bayangan ini menjulur lebih jauh kedalam ruang angkasa sampai akhirnya bayangan ini tiba pada suatu titik.
Sekeliling kerucut bayangan sempurna terdapat suatu daerah bayangan sebagian yang disebut penumbra (bahasa latin untuk ‘hampir suatu bayangan’). Setiap objek dalam penumbra ini menerima cahaya dari suatu bagian sisi matahari. Jika garis-garis yang membatasi daerah kerucut bayangan sempurna diperpanjang kea rah luar, akan terbentuk suatu kerucut terbalik. Kerucut terbalik ini disebut umbra negative.
Tidak sulit untuk menghitung panjang umbra bumi dan umbra bulan. Dari gambar 1 dapat dilihat bahwa panjang kerucut bayangan sempurna tergantung pada tiga factor yaitu diameter matahari (sumber cahaya), diameter bumi ataupun diameter bulan dan jarak antara matahari dan bumi ataupun bulan. Perlu diingat bahwa diameter matahari, bumi, bulan adalah factor-faktor yang tetap. Sedangkan jarak antara bumi dan matahari serta jarak bulan dengan matahari selalu berubah, oleh karena itu panjang umbra bumi atau umbra bulan berubah-ubah. Panjang rata-rata umbra bumi kira-kira 1.400.000 km, sedangkan panjang rata-rata umbra bulan kira-kira 375.000 km

Bidang orbit bulan mengitari bumi tidak sejajar dengan bidang orbit bumi mengitari matahari (bidang ecliptika) melainkan membentuk sudut (inklinasi) sekitar 5 derajat (gambar 2). Penamaan bidang orbit bumi sebagaim ekliptika juga tidak terlepas dari fakta bahwa gerhana hanya terjadi ketika bulan melintasi bidang ini. Karena kedua bidang orbit membentuk sudut, terdapat dua titik potong yang disebut sebagai simpul (node). Disebut simpul naik (ascending node) bila dilalui bulan dari selatan ekliptika menuju ke utara dan disebut simpul turun (descending node) bila sebaliknya.
Garis khayal yang menghubungkan kedua simpul tersebut, garis ini bergerak ke arah barat ekliptika sekitar 19 derajat per tahun. Fenomena bergeraknya garis simpul ini disebut regresi. Karena kemiringan orbit tersebutlah bulan menghabiskan sebagian besar waktunya sederajat diatas ekliptika atau dibawah ekliptika. Itulah mengapa meskipun berada pada fase bulan baru tapi bulan berada diatas atau ekliptika, bayangannya tidak akan jatuh ke permukaan bumi sehingga tidak terjadi gerhana matahari. Demikian pula fase bulan penuh, bila bulan berada diatas atau dibawah ekliptika, tidak terjadi gerhana bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar